Keahlian dasar yang harus dimiliki oleh seorang manager:
1. Keahlian konseptual
Disebut juga sebagai keahlian analitis yaitu kemampuan untuk
memahami hubungan yang terdapat di antara berbagai pekerjaan dalam sebuah
perusahaan. Mereka dapat melihat bagaimana seluruh unsur cocok satu sama lain.
Manajer membutuhkan keahlian konseptual dalam melakukan penyesuaian ketika
terjadi masalah. Manajer dengan keahlian konseptual yang baik memiliki
strategi-strategi cadangan ketika terjadi masalah dalam proses produksi.
Strategi seperti itu memungkinkan perusahaan terus dapat menggunakan sumber daya-sumber
daya yang dimilikinya secara efektif.
2. Keahlian interpersonal
Disebut juga sebagai keahlian berkomunikasi yaitu keahlian
yang dibutuhkan untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan
karyawan. Walaupun seorang individu memiliki keahlian teknis, bila ia
tidak dapat berhubungan baik dengan manusia lain maka akan sulit baginya
bekerja dengan baik.
Berkomunikasi dengan pelanggan. Banyak manajer harus
melakukan komunikasi dengan pelanggan untuk memastikan tercapainya kepuasan.
Mereka mendengarkan keluhan-keluhan pelanggan dan mencoba untuk memberikan
respons dengan cara yang dapat diterima. Mereka juga dapat membawa
keluhan-keluhan lain untuk menjadi perhatian manajemen puncak. Manajer yang
memiliki keahlian interpersonal yang kurang baik bisa jadi mengabaikan
keluhan-keluhan pelanggan. Akibatnya, masalah dapat tidak diketahui hingga pada
akhirnya banyak pelanggan yang merasa tidak puas berhenti membeli produk
perusahaan. Pada saat itu, mungkin sudah terlambat jika perusahaan ingin meraih
kembali kepercayaan para pelanggannya.
Berkomunikasi dengan karyawan. Manajer membutuhkan
keahlian interpersonal yang baik ketika berkomunikasi dengan karyawan. Mereka
harus secara jelas mengomunikasikan penugasan kepada karyawan. Mereka harus
secara jelas mengomunikasikan penguasaan kepada karyawan dan harus
berkomunikasi dengan karyawan yang telah membuat kesalahan dalam pekerjaan
sehingga mereka dapat dikoreksi. Selain itu, manajer harus mendengarkan
keluhan-keluhan dari karyawan dan mencoba untuk mengatasi masalah yang mereka
hadapi.
3. Keahlian teknis
Manajer membutuhkan keahlian teknis (technical skill) untuk
memahami jenis-jenis pekerjaan yang mereka kelola. Manajer yang lebih dekat
dengan proses produksi actual akan lebih sering menggunakan keahlian teknis
mereka daripada manajer tingkat yang lebih tinggi.
4. Keahlian mengambil keputusan
Manajer membutuhkan keahlian mengambil keputusan
(decision-making skill) sehingga mereka dapat menggunakan informasi yang ada
untuk menentukan bagaimana sumber daya perusahaan sebaiknya dialokasikan.
Jenis-jenis keputusan yang diambil oleh para manajer akan berbeda-beda
tergantung dari posisinya.
5. Keahlian mengelola waktu
Manajer memiliki jumlah waktu yang terbatas untuk dihabiskan
mengelola berbagai sumber daya yang mereka miliki. Oleh karena itu, mereka
menggunakan manajemen waktu (time management), yang mengacu pada cara bagaimana
manajer mengalokasikan waktu mereka ketika mengelola berbagai pekerjaan.
Meskipun tidak ada rumusan tunggal yang sempurna untuk menggunakan waktu secara
efisien, berikut adalah panduan-panduan yang sebaiknya diikuti:
-Menyusun prioritas dengan tepat.
-Menjadwalkan interval waktu yang panjang untuk
pekerjaan-pekerjaan penting.
-Meminimalisasi gangguan.
-Membuat tujuan-tujuan jangka pendek.
-Mendelegasikan sebagian pekerjaan kepada karyawan.
6. Kepemimpinan
Keterampilan kepemimpinan adalah suatu keharusan bagi semua
manajer. Seorang pemimpin adalah orang yang dapat memotivasi, memandu dan
memimpin anggota timnya, menyediakan mereka dengan sumber daya yang tepat agar
tujuan dapat dicapai. Dan menggunakan kekuasaan secara efektif dan penuh dengan
rasa tanggung jawab, untuk menciptakan situasi yang kondusif bagi peningkatan
motivasi.
Bagaimana teknologi dapat membantu manager untuk memudahkan mereka dalam memanajemen waktu?
Dengan adanya teknologi, seorang manajer dapat dengan mudah
memperoleh, mengolah, menyebarluaskan dan bertukar informasi dalam satu
lingkungan sistem organisasi dengan cepat dan mudah. Kemudian, kemajuan
teknologi komunikasi yang cepat ini dapat mempermudah komunikasi antara suatu
tempat dengan tempat yang lain. Dengan demikian, manager memiliki keuntungan
dalam efisien waktu dan tenaga. Selain itu melalui teknologi ini informasi
dapat lebih cepat terdokumentasikan dan mempunyai jangkauan sebar yang lebih
luas. Dan salah satu pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang sedang
banyak digunakan dan sangat membantu saat ini adalah internet.
Semoga aku menjadi manager yang baik d masa depan
ReplyDelete