Keahlian yang harus dimiliki seorang manager



Keahlian dasar yang harus dimiliki oleh seorang manager:

1. Keahlian konseptual

Disebut juga sebagai keahlian analitis yaitu kemampuan untuk memahami hubungan yang terdapat di antara berbagai pekerjaan dalam sebuah perusahaan. Mereka dapat melihat bagaimana seluruh unsur cocok satu sama lain. Manajer membutuhkan keahlian konseptual dalam melakukan penyesuaian ketika terjadi masalah. Manajer dengan keahlian konseptual yang baik memiliki strategi-strategi cadangan ketika terjadi masalah dalam proses produksi. Strategi seperti itu memungkinkan perusahaan terus dapat menggunakan sumber daya-sumber daya yang dimilikinya secara efektif.

2. Keahlian interpersonal

Disebut juga sebagai keahlian berkomunikasi yaitu keahlian yang dibutuhkan untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan karyawan. Walaupun seorang individu memiliki keahlian teknis, bila ia tidak dapat berhubungan baik dengan manusia lain maka akan sulit baginya bekerja dengan baik. 
Berkomunikasi dengan pelanggan. Banyak manajer harus melakukan komunikasi dengan pelanggan untuk memastikan tercapainya kepuasan. Mereka mendengarkan keluhan-keluhan pelanggan dan mencoba untuk memberikan respons dengan cara yang dapat diterima. Mereka juga dapat membawa keluhan-keluhan lain untuk menjadi perhatian manajemen puncak. Manajer yang memiliki keahlian interpersonal yang kurang baik bisa jadi mengabaikan keluhan-keluhan pelanggan. Akibatnya, masalah dapat tidak diketahui hingga pada akhirnya banyak pelanggan yang merasa tidak puas berhenti membeli produk perusahaan. Pada saat itu, mungkin sudah terlambat jika perusahaan ingin meraih kembali kepercayaan para pelanggannya.
Berkomunikasi dengan karyawan. Manajer membutuhkan keahlian interpersonal yang baik ketika berkomunikasi dengan karyawan. Mereka harus secara jelas mengomunikasikan penugasan kepada karyawan. Mereka harus secara jelas mengomunikasikan penguasaan kepada karyawan dan harus berkomunikasi dengan karyawan yang telah membuat kesalahan dalam pekerjaan sehingga mereka dapat dikoreksi. Selain itu, manajer harus mendengarkan keluhan-keluhan dari karyawan dan mencoba untuk mengatasi masalah yang mereka hadapi. 

3. Keahlian teknis

Manajer membutuhkan keahlian teknis (technical skill) untuk memahami jenis-jenis pekerjaan yang mereka kelola. Manajer yang lebih dekat dengan proses produksi actual akan lebih sering menggunakan keahlian teknis mereka daripada manajer tingkat yang lebih tinggi.

4. Keahlian mengambil keputusan

Manajer membutuhkan keahlian mengambil keputusan (decision-making skill) sehingga mereka dapat menggunakan informasi yang ada untuk menentukan bagaimana sumber daya perusahaan sebaiknya dialokasikan. Jenis-jenis keputusan yang diambil oleh para manajer akan berbeda-beda tergantung dari posisinya.

5. Keahlian mengelola waktu

Manajer memiliki jumlah waktu yang terbatas untuk dihabiskan mengelola berbagai sumber daya yang mereka miliki. Oleh karena itu, mereka menggunakan manajemen waktu (time management), yang mengacu pada cara bagaimana manajer mengalokasikan waktu mereka ketika mengelola berbagai pekerjaan. Meskipun tidak ada rumusan tunggal yang sempurna untuk menggunakan waktu secara efisien, berikut adalah panduan-panduan yang sebaiknya diikuti:
-Menyusun prioritas dengan tepat.
-Menjadwalkan interval waktu yang panjang untuk pekerjaan-pekerjaan penting.
-Meminimalisasi gangguan.
-Membuat tujuan-tujuan jangka pendek.
-Mendelegasikan sebagian pekerjaan kepada karyawan. 

6. Kepemimpinan

Keterampilan kepemimpinan adalah suatu keharusan bagi semua manajer. Seorang pemimpin adalah orang yang dapat memotivasi, memandu dan memimpin anggota timnya, menyediakan mereka dengan sumber daya yang tepat agar tujuan dapat dicapai. Dan menggunakan kekuasaan secara efektif dan penuh dengan rasa tanggung jawab, untuk menciptakan situasi yang kondusif bagi peningkatan motivasi.

Bagaimana teknologi dapat membantu manager untuk memudahkan mereka dalam memanajemen waktu?
Dengan adanya teknologi, seorang manajer dapat dengan mudah memperoleh, mengolah, menyebarluaskan dan bertukar informasi dalam satu lingkungan sistem organisasi dengan cepat dan mudah. Kemudian, kemajuan teknologi komunikasi yang cepat ini dapat mempermudah komunikasi antara suatu tempat dengan tempat yang lain. Dengan demikian, manager memiliki keuntungan dalam efisien waktu dan tenaga. Selain itu melalui teknologi ini informasi dapat lebih cepat terdokumentasikan dan mempunyai jangkauan sebar yang lebih luas. Dan salah satu pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang sedang banyak digunakan dan sangat membantu saat ini adalah internet.

Share on Google Plus

About Eva

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments: